Friday 25 July 2014

Pengertian Perintah gambar pada autocad

  bloosoean       Friday 25 July 2014
Pada postingan ini menindak lanjuti pada postingan cara menggunakan tombol keyboard dan mengenal toolbal autocad 2007 khususnya pada toolbar Draw tersebut. Untuk melakukan penggambaran dalam AutoCAD, perintah-perintah gambar bisa diambil melalui beberapa cara, yaitu dari Menu Pull-Down, Toolbar Draw, Screen Menu (menu layar ), maupun dengan cara mengetik langsung pada keyboard. Adapun perintah gambar tersebut meliputi :

Toolbar DRAW
  1. LINE: Untuk membuat sebuah garis dengan cara menentukan dua buah titik ujung, dimana ujung dari garis sebelumnya merupakan titik awal dari garis berikutnya.
  2. RAY: Garis bantu dari satu titik tumpu ke satu arah yang lain dengan - panjang tidak terbatas. 
  3. CONSTRUCTION LINE: Garis bantu dari satu titik tumpu ke dua arah yang lain dengan panjang tidak terbatas. 
  4. MULTILINE: Garis double yang bisa ditentukan posisi kursor, skala ( jarak antar garis ) maupun jenis garisnya. 
  5. POLYLINE: Garis satu kesatuan yang dapat diatur ketebalanya pada awal - maupun ujungnya. Jenis lain dari polyline adalah 3D Polyline, dimana sifatnya sama dengan garis polyline tetapi pengaturan ketebalanya dapat dilakukan terhadap tinggi obyek. 
  6. POLYGON: Polygon adalah perintah untuk membuat segi banyak dimana semua sisinya sama panjang. Adapun jumlah sisinya minimal 3 sedangkan maksimalnya adalah 1024. 
  7. RECTANGLE: Rectangle adalah perintah untuk membuat kotak dengan cara menentukan titik diagonal. Rectangle dibuat dari Polyline, yaitu obyek yang semua segmenya merupakan satu besaran.
  8. ARC: Arc adalah perintah untuk membuat busur lingkaran atau garis - lengkung. 
  9. CIRCLE: Circle adalah perintah untuk membuat lingkaran atau objek bulat yang tertutup. 
  10. DONUT: Donut adalah perintah untuk membuat lingkaran dengan ketebalan tertentu. Dalam pembuatan ini harus ditentukan diameter dalam ( Inside diameter ) serta diameter luar ( Outside diameter ). 
  11. SPLINE: Spline adalah perintah untuk membuat kurva spline dengan mengikuti beberapa titik kontrol yang dimasukkan sesuai dengan besar - toleransinya. 
  12. ELLIPSE: Ellipse adalah perintah untuk membuat elips, yaitu suatu kurva ( obyek tertutup yang melengkung ) yang memiliki dua sumbu, yaitu sumbu mayor dan sumbu minor. 
  13. POINT: Point adalah perintah untuk membuat sebuah titik. Adapun defaultnya bentuk titik adalah noktah, akan tetapi bentuk tersebut bisa diubah sesuai dengan keinginan.
Demikianlah pengertian perintah gambar atau DRAW pada autocad kurang lebihnya saya minta maaf dan semoga bermanfaat amin.
logoblog

Thanks for reading Pengertian Perintah gambar pada autocad

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terbaru