Thursday 5 March 2015

CONTOH RANCANGAN STORYBOARD ANIMASI 6

  bloosoean       Thursday 5 March 2015
c.  Efek Tendangan
Pada saat Cun Lee melakukan tendangan, ada efek tendangan berupa gambar pergerakan udara akibat tenaga yang dikeluarkan oleh tendangan. Untuk membuat efek ini dibuat sebuah symbol baru yaitu Movie klip berupa garis setengah lingkaran

Pada symbol yang baru di frame 25 diberikan efek “Create Motion Tween” pada masing-masing key frame klik key frame 25 perbesar gambar efek, kemudian warna efek tendangan diubah warnanya (menu Properties menjadi Alpha 0 %).
Untuk membuat efek bekerja pada gambar utama, masuk ke simbol kartun dan membuat  layer baru dan meletakannya paling  atas, dan beri nama “efek tendangan”, pada frame 61 dibuatkan keyframe. Buka panel library kemudian seret simbol efek tendangan, letakan efek tendangan tersebut tepat pada ujung telapak kaki.
e. Efek Ilmu
Efek ilmu akan ditampilkan ketika Cun Lee selesai melakukan tendangan, dan Cun Lee mengeluarkan ilmunya. Caranya dengan membuat Simbol baru (New Simbol Movie klip ) dan gambar dari efek ilmu seperti di bawah ini

untuk membuat efek ilmu ini bekerja pada key frame pada frame 10 dan 20 buat   “Create Motion
Tween”. Pada key frame 10 perbesar gambar efek ilmu untuk membuat kesan efek ilmu terus membesar.
Untuk memasukkan ke dalam gambar utama, dibuat sebuah layer baru di atas layer efek tendangan dan memberi nama “efek ilmu”. Pada layer efek ilmu buat keyframe pada frame 80 dan seret simbol “efek ilmu”  melalui  panel  Library.  Kemudian  pada  frame  80  buat  “Create  Motion  Tween”,  lalu  dibuat
keyframe pada frame  95, 105, dan 142. Pada frame 105 perbesaar “efek ilmu” Modify > Transform > Scale and Rotate (Ctrl + Alt + S) ubah menjadi 200 %. Klik key frame 142 perbesar efek ilmu menjadi
400 %, dan seret hingga keluar dari Scene.

f.   Memasukkan Suara
Dalam sebuah animasi kartun unsur penting lainnya adalah suara. Suara memberi pengaruh yang sangat besar terhadap desain kartun yang dibuat, yang mewakili karakter dan suasana. Cara memperoleh suara dapat dilakukan dengan cara merekam suara atau mencari suara-suara latar belakang.
Untuk menyimpan, mengedit suara diperlukan beberapa komponen hardware tambahan yakni:
1.   Mikropon : untuk memasukkan suara.
2.   Mic Pre-amplifier : Untuk memperhalus suara yang akan disimpan.
3.   Speaker : untuk menghasilkan/mengeluarkan suara dari komputer.
4.   Kartu Suara : untuk mengubah signal analog ke signal digital.


Untuk animasi kartun Cun Lee, dalam symbol utama (kartun) dibuat sebuah layer baru di atas layer “efek ilmu” dan diberi nama “suara”. Pada frame 60, 80 dibuat key frame, masuk ke menu Window > Common Libraries > Sound dan dimasukkan suara yang cocok dengan efek tendangan dan masukkan ke dalam stage. Pada key frame 80  lakukan impor suara dengan melakukan file > Import > dan dipilih suara yang cocok dengan efek ilmu tersebut.


5.Mempublish Animasi Kartun
Flash memiliki program publishing yang diberi nama “Flash Player” yang dapat langsung diaktifkan dengan menekan “Ctrl+Enter”. File flash disimpan dalam bentuk file berekstensi FLA dan hasil dari publishingnya file akan berekstensi SWF.
Proses publishing di dalam Flash akan menghasilkan berbagai bentuk file yang dapat dimainkan atau dijalankan oleh beberapa program aplikasi. Beberapa jenis file yang dapat dihasilkan dengan publish adalah:
1.Flash Movie.
2.Format image seperti GIF, JPG dan PNG.
3.Quick time.
4.HTML.
5.File EXE.
Untuk mempublishnya digunakan langkah sebagai berikut:
1.Mengatur setting publish dengan klik File > Publish Setting.
2.Setelah dilakukan pengaturan pilihan klik File > Publish

lihat animasi 5
logoblog

Thanks for reading CONTOH RANCANGAN STORYBOARD ANIMASI 6

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terbaru