Thursday 24 July 2014

Prinsip penggunaan Koordinat pada AutoCAD

  bloosoean       Thursday 24 July 2014
Setelah kita memahami dasar pengertian dasar Autocad pada postingan sebelumnya yang merupakan sebagai dasar kita untuk mengenal lebih luas tentang Autocad tentunya saja juga untuk kegunaannya yang lebih luas khususnya kita yang masih awam sekali terutama bagi penulis yang buta akan design apalagi Autocad marilah kita belajar bersama-sama bagi pemula seperti kita paling tidak mengetahui sedikit saja tentang Autocad dari pada tidak sama sekali. Computer Aided Design (CAD) : dalam keteknikan artinya mendesain menggunakan sistem grafis komputer untuk membuat desain mekanis (mesin/komponen mesin), rangkaian elektronik, dan arsitektur/teknik sipil. Pada umumnya CAD dikenal pula sebagai metode menggambar komponen atau lainnya dengan bantuan software komputer, misal AutoCAD, RoboCAD, Master Engineering, dan lain-lain. Perusahaan atau industri menggunakan CAD untuk mendesain produk yang dihasilkan. Penguasaan CAD penting dalam dunia teknik dan seorang yang ahli CAD banyak dibutuhkan dalam dunia industri karena teknologi CAD menjadi dasar untuk beragam kegiatan keteknikan seperti gambar, desain, analisis, dan proses manufaktur. Karena dikerjakan dengan bantuan komputer, suatu desain atau gambar dapat dianalisis, direvisi, dan dimodifikasi dengan lebih mudah. Seperti halnya bekerja dengan software lainnya, CAD memerlukan masukan atau input untuk bekerja. Input tersebut dapat berupa pilihan (option), data, dan perintah. Masukan yang diberikan akan direspon oleh CAD dengan jalan mengeluarkan output yang nampak di bidang gambar atau dalam bentuk permintaan untuk memberikan masukan lagi. Dengan demikian, salah satu keberhasilan dalam mengoperasionalkan CAD dengan memperhatikan komunikasi tersebut.

A. SISTEM PERPUTARAN

Sistem perputaran sudut yang digunakan dalam penggambaran AutoCAD untuk gambar dua dimensi adalah sistem perputaran yang berlawanan dengan jarum jam atau CCW (Counter Clock Wise). Adapun perputaran tersebut melewati sudut-sudut istimewa sebagai berikut :

Gambar sistem perputaran

B. Sistem Koordinat

Sistem koordinat pada software AutoCAD 2 dimensi menggunakan dua sumbu yaitu X dan Y, sedangkan pada gambar tiga dimensi menggunakan 3 sumbu simetri, yaitu X, Y, dan Z. Ketika kita memasukkan angka koordinat, berarti kita memasukkan informasi tentang jarak (dalam satuan panjang) dan arahnya (+ atau –) sepanjang sumbu X, Y, dan Z. Program AutoCAD bisa digunakan untuk mode 2 dimensi maupun 3 dimensi . sehingga mempunyai sistem koordinat 3 sumbu: X, Y, dan Z.;

Penggunaan Rumus Koordinat

1. Koordinat Kartesius
Koordinat ini merupakan koordinat dasar yang dimiliki sumbu x sebagai sumbu horizontal dan sumbu y sebagai sumbu vertical, dimana nilai titik perpotongan (0,0) Rumus = (x,y)
Kartesius
2. Koordinat Polar
Koordinat polar tergantung pada besarnya sudut rotasi yang berputar berlawanan arah dengan jarum jam. Panjang merupakan jarak titik berikutnya dari titik terakhir. Rumus = (@panjang<sudut)
polar
3. Koordinat Relatif
Prinsip dari koordinat relatif adalah suatu titik dapat ditentukan relatif dari titik terakhir.
Rumus = (@x,y)
relatif
logoblog

Thanks for reading Prinsip penggunaan Koordinat pada AutoCAD

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terbaru