Thursday 5 March 2015

CONTOH RANCANGAN STORYBOARD ANIMASI 4

  bloosoean       Thursday 5 March 2015
3.  Mempersiapkan  Animasi Kartun
a.   Kebutuhan Software
Dalam mendesain animasi kartun ini diperlukan beberapa software yang harus tersedia di komputer, yaitu:
1. Sistem Operasi yang digunakan dapat salah satu yaitu Windows 98, Windows NT, Windows 2000 ataupun Windows XP.
2. Software  menscanner  gambar  biasanya  disertakan  pada  saat  pembelian  scanner  seperti  Adobe
Photoshop, Photostudio dan lainnya.
3. Software mengolah animasi kartun yaitu dengan Macromedia Flash MX.
4. Untuk merekam suara dapat digunakan software yang telah disediakan Windows yakni “Sound
Recorder”.

b. Proses Memperoleh Objek Gambar
Berdasarkan storyboard yang telah dibuat, selanjutnya membuat gambar kartun untuk dibuat animasi yang diinginkan. Dalam tulisan ini sumber gambar diambil dari buku,”How to Draw & Create Manga” karya Tatsu Maki, pada halaman 106. Gambar yang sudah ada di scanner dan didapat hasil sebagai berikut:

c.  Penggunaan Macromedia Flash MX
Macromedia Flash MX adalah program grafis animasi standar professional untuk menghasilkan halaman web yang menarik. Movie Flash terdiri atas grafik, teks, animasi dan aplikasi, yang mengutamakan grafik berbasis vektor. Flash memiliki akses lebih cepat dan akan terlihat halus pada skala resolusi layar besar atau kecil, selain itu juga mempunyai kemampuan untuk mengimpor video, gambar dan suara dan aplikasi.
Macromedia Flash MX juga bisa memasukkan unsur interaktif dalam movienya menggunakan Actionscript (suatu bahasa pemrograman berorientasi objek), yang pengguna bisa berinteraksi dengan movie, menggunakan keyboard atau mouse untuk berpindah ke bagian-bagian yang berbeda dari sebuah movie, mengontrol movie, memindahkan objek-objek, memasukkan informasi melalui form dan operasi- operasi lainnya.

Area Kerja Flash MX
Area gambar di Flash MX terdiri atas enam bagian, yaitu Menu, Stage, Timeline, Toolbox, Panels, dan
Properties.
  • Menu, berisi kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash. Misalnya, klik menu File, Save berfungsi untuk menyimpan dokumen.
  • Stage adalah dokumen atau layar yang akan digunakan untuk meletakkan objek-objek dalam Flash.
  • Timeline berisi frame-frame yang berfungsi untuk mengkontrol objek yang akan dianimasikan.
  • Toolbox, berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat, menggambar, memilih dan memanipulasi objek atau isi yang terdapat di layar (stage) dan timeline.

Toolbox dibagi menjadi empat bagian, yaitu Tools, View, Colors dan Options.
Beberapa tool mempunyai option-option. Misalnya, klik Arrow tool, akan muncul pada bagian
Options: Snap to Object, smooth dan straighten.
  • Panels,  berisi  kontrol  fungsi yang  dipakai  dalam Flash,  yang  berfungsi  untuk  mengganti  dan memodifikasi berbagai atribut dan objek atau animasi secara cepat dan mudah.
  • Properties, fungsinya sama dengan Panels, hanya saja Properties merupakan penggabungan atau penyederhanaan dari panel. Jadi, dapat lebih mempercepat dalam mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dan objek, animasi, frame dan komponen secara langsung.

lihat animasi 3
logoblog

Thanks for reading CONTOH RANCANGAN STORYBOARD ANIMASI 4

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Terbaru