Dalam postingan kali ini ingin membahas tentang kegunaan dari fungsi Average yang dioperasikan untuk menghitung rata-rata penjualan komputer dalam sebuah toko. Sering kita mencari rata-rata suatu nilai tertentu dalam sebuah data, dan sering pula kita merasa kebingungan. Microsoft Office dengan program aplikasinya yaitu Microsoft Office Excel memberikan solusi untuk itu. Bagaimana pengoperasianya. Mari kita hitung rata-rata sebagaimana contoh kasus di atas. :
1.Buat data tabel terlebih dahulu sesuai dengan kategori yang dibutuhkan Contoh data:
2.Dari data di atas, yang harus dilakukan adalah: pertama adalah mencari rata-rata perbulan yaitu bulan Januari-Maret. Kedua, setelah itu mencari rata-rata penjualan selama 3 bulan di ambil dari rata-rata per bulan. Bagaimana rumusnya?..... Rumus untuk mencari rata-rata perbulan adalah:
- Bulan Januari =Average(C7:F7) enter
- Bulan Pebruari =Average(H7:K7) enter
- Bulan Maret =Average(M7:P7) enter
- Rumus mencari rata-rata penjualan selama 3 Bulan, adalah =Average(G7,L7,Q7) enter
- Dan Lihat hasil penghitungan data di atas dengan rumus Average:
![]() |
Hasil penghitungan average |
Demikian langkah-langkah mencari rata-rata penjualan dalam sebuah toko Laptop, semoga bermanfaat dan bisa diterapkan pada usaha anda masing-masing. Terimakasih semoga berhasil.
*terima kasih pada sumbernya :http://www.msofficezone.com semoga bermanfaaat untuk semua.
No comments:
Post a Comment